Rantai SSS Gold di Pulsar 180

Entah kenapa selama ini rantai ori Pulsar 180 UG4 ane cepet kendor dan ujung2nya jadi berisik, jalan juga ga nyaman. Udah 3x ganti rata2 tiap 18-20rb km ganti.

Cari2 alternatif gearset diantaranya :
1. Indopart ukuran 520 gear 14-38 harga cuma 220-250rb. Konon rantainya cukup kuat, tapi ngga untuk gearnya.
2. Dapet referensi dari temen coba merk SSS, katanya bagus harga agak mahal. Penasaran akhirnya browsing2, kayaknya layak coba nih.

image

Akhirnya diputuskan coba merk SSS, ternyata untuk ukuran ori Pulsar UG4 harganya 730rb (rantainya doang aja 390rb !!), wah mahal juga, lebih mahal dari gearset Sinnob euy (rantai DID). Hm..berhubung budget kurang, akhirnya pake ukuran 428 aja deh tapi tipe heavy duty (HSBT) untuk beban berat, harga rantainya aja 230rb untuk 140link, ada yg tipe standar SB sekitar 160rb. Ukuran 428 ini paling banyak digunakan oleh motor sport di Indonesia macam CB/CBR150, NVL, Byson, NMP, Scorpio, dll. Dari beberapa referensi bedanya rantai tipe heavy duty adalah daya tahan beban minimal 2,1ton, sedang yg standar 1,7ton. Ane cari kombinasi gear 14-39 ga dapet, akhirnya pake gear depan pake SSS ukuran 15 45rb belakang pake ori megapro 50rb ukuran 41, klo dihitung rasionya ga beda jauh dengan ori 39/14=2,78 klo 41/15=2,73,,jadi aksel dan top speed harusnya ga banyak berubah. Total jadi 325rb+25rb ongkos pasang.

Ternyata pemasangannya plug n play loh, gda modif sama sekali.

image

Karena kepanjangan akhirnya dipotong 7 link, jadi yang terpasang 133 link. Eng ing eng

image

Walau jadi lebih kecil rantainya dibanding ori tapi tetep terlihat keren n ga terlalu kecil juga. Nah penasaran gimana reviewnya dibanding ori ? Yang ane rasain :
– tarikan awal jadi berasa lebih enteng ya (apa karena lebih kecil ya)
– senyap bener nih rantai, siplah
– gearshift berasa lebih smooth
– baru 2 minggu pake, belum setel lg. Klo rantai ori tiap 1-2 minggu disetel mulu
Untuk ketahanan belum tahu karena baru 1000km-an, mudah2an sih awet ya secara harga lebih mahal, he,,lebih mahal dari rantai DID malah yg dipake merk gearset Sinnob, rantai only DID untuk tipe sama 428 heavy duty 120-130rb-an.

Ok sekian review singkat rantai SSS di Pulsar UG4 ane, kita lihat seberapa kuat rantai ini menanggung bobot ni motor

#Update Okt-2015 : sudah berjalan 1 tahun lebih kira2 pemakaian 1 tahun 4 bulan ni rantai SSS (sekitar 24.000km pemakaian, sebulan ane 1500an km PP Depok-Priuk) ini rantai memang joss, jarang setel (mungkin 1 bulan sekali=1500an km),,belum ada gejala rantai kendor berlebih, bunyi masih senyap, pindah gear tetap halus seperti awal pakai. Jadi buat cari alternatif rantai Pulsar yang awet, SSS sangat recomended..estimasi saya bisa sampe 40.000km lebih nih (sekitar 3tahun klo ane yang pake), kalau sehari-hari pakenya jarak deket mungkin ini rante bisa 5 tahun lebih baru ganti

This entry was posted in Motorcycle and tagged , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Rantai SSS Gold di Pulsar 180

  1. Yoshi says:

    Warnanya juga keren.
    Btw gear beli terpisah?

    • calmk1d says:

      iya terpisah, gear depan SSS jg untuk RX-Z pnp bgt, tapi belakang bukan. yang SSS blkg adanya ukuran 43, mmg bs bikin enteng tp top speed berkurang,he…

  2. setia1heri says:

    wah makasih referensinya gans…

  3. Johnjohn says:

    kalau untuk p2oons bisa jugakah? atau ada rekomendasi lain?

    • calmk1d says:

      Kalau masalah rantai umum bro semua motor bisa, tinggal jumlah mata rantai disesuaikan. Tinggal gear nya saya ga tau subtitusi p200ns sama motor apa, sementara pakai gear ori p200ns aja tapi rantai SSS, cuma klo pakai gear bawaan p200ns rantainya ukuran 520 (sama kayak ori p180 ug4) bukan 428

  4. motorideweb says:

    blognya ngga apdet bro?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s