4 tahun Pulsarku

Hm..enggak terasa ni motor udah 4 tahun, beli ni motor emang seken waktu itu odometer udah 30rb an km, sekarang menunjukkan 74rb km. Waktu pertama beli biar seken bodi masih mulus bgt, performa jg oke bgt. Nah berhubung sekarang udah 4 thn apa ja ya keluhan keluhan Pulsar 180 UG 4 ini, cekidot deh :
1. Rantai keteng cepet bunyi, kata bengkel sih bukan rantainya, tapi busur ketengnya (guide cam chain) yang tipis jadi cepet abis, paling ngga tiap 20rb ganti km atau 1,5thn ganti deh. Alternatif dari majalah otomotif bisa pake busur keteng GL Pro, belum pernah coba tapi next mau coba ah,,harganya lumayan kisaran 150rb-200rb, bandingkan dengan ori bajaj yang cuma 30rb an😀
2. Komstir juga relatif sering ganti, ga tau emang cara ane bawa motor yang ga bagus atau gimana paling ngga sama kayak busur keteng hampir tiap 20rb km ganti (sehari PP kerja depok-priuk 80km). Harganya 80rb an.
3. Piston rem rada macet masuk tahun ke-4 ini, walhasil kampas rem ga sepenuhnya balik biar tuas rem dilepas. Solusi sementara klo ganti kampas rem baru ga dipasang dua-duanya karena pasti rada seret bannya, jadi kombinasi kampas bekas dan kampas baru, untuk sementara aman pake cara ini, he,,ban masih lancar berputar dan rem masih cukup pakem.
4. Ring piston udah pernah ganti 2x, indikasinya keluar asap putih dari knalpot & tenaga rada drop.
5. Rantai ban, ini juga umurnya cuma kisaran 20rb km, aneh ya kenapa beberapa part aus di 20-25rb km. Karena ane pakai ni motor tiap hari (1700km-1800km/bulan), jadi 20-25rb km adalah waktu yang relatif singkat, 1-1,5thn aja. Belum coba rantai merek lain, katanya Indopart bagus juga dan murah cuma 240rb an.
6. Kampas kopling ganti sekali di 55rb km an klo ga salah, itu jg sebenernya belum slip banget cuma biar joss aja. Ganti merek CLD utk tipe RX-Z, 180rb aja sama kayak yang ori harganya. Untuk awal pemakaian emang berasa lebih responsif pake kampas CLD ini, tapi ga lama biasa aja kayak orinya. Coba part kayak busur keteng, komstir, rantai ban bisa kayak kampas kopling umurnya, kan lumayan paling ngga tiap 3 thn baru ganti.
7. Speedometer lampu led nya belum lama ini mati, walhasil klo malem gtau deh jalan kecepatan berapa, tapi untungnya tachometer masih hidup lampunya, jadi masih keliatan berapa rpm dan kecepatan bisa dikira-kira karena udah hafal. Belum ganti, karena lumayan mahal sekitar 400rb.
8. Oli cepet berkurang, padahal udah ganti ring piston. Pulsar emang cepet abis olinya karena lebih panas (efek 2 busi), tapi klo dulu tap oli 50-75ml tiap 2 minggu (750-800km) sekarang tiap 500km tap oli 50ml. Jadi selama masa pakai oli 2000km kira2 kudu nambah 300ml oli..haduh. Untung oli nya murah, pakai Enduro 20w-50. 39rb yg 1liter+0.8liter 36rb khusus untuk nambah2 selama 3 bulan.

Itulah pengalaman ane pakai ini Pulsar 180 UG4, yang cukup bikin menguras kantong sebenernya di busur keteng, emang busur ketengnya ga seberapa, tapi karena bongkar mesin jadi ya termasuk service besar ongkos bongkar pasangnya 200rb, busur ketengnya cuma 30rb. Biasanya sekalian aja ganti rantai ketengnya juga 80rb perak.

Kalau performa emang udah berasa turun juga, baik aksel maupun top speednya,,wajar lah udah 74rb km umurnya. Biasanya lari 100kpj gampang bgt, sekarang perlu waktu lebih lama. Top speed sebelumnya bisa 125kpj sekarang cuma 110-113kpj. Getaran jg lebih berasa di rpm tinggi, tapi klo dibanding mega pro, tiger, tetep masih halus sih, hehe..ntar mau coba ganti bearing camshaft sekalian pas ganti busur keteng, mungkin udah aus.

Untuk part dan service sih ane ga banyak kendala, part banyak yg jual online. Barang langsung dari vendor nya Bajaj. Headlamp, noken as, kruk as yang termasuk slow moving juga cukup mudah ditemui walau stok terbatas, klo kehabisan memang inden 1-2 bulan. Kalau yang fast moving hampir ga ada kendala, macam kampas rem, rantai, komstir, kabel kopling, hadle kopling, kampas kopling, dll sangat mudah dicari.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to 4 tahun Pulsarku

  1. Yoshi says:

    kampas rem belum ditulis om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s