Ban 90/90 tingginya 90mm ??

Dua minggu yang lalu ke Planet Ban, Cimanggis, rencananya mau ganti ban depan Pulsar 180 Michelin 90/80 yang mulai berubah komponya jadi mulai ga enak rada oleng klo jalan padahal sih masih ada kembangannya (maklum sering hajar lubang, polisi tidur, tiap hari boncengan 82km), jadi ban ini sebenernya bagus banget, emang medan aja yang ga karuan. Liat liat ban yang ada, hm,,apa nih Maxio Techno, pas diliat ternyata dari Aspira toh. Browsing di HP bentar tentang ban ini,,yap dapet, ternyata ban baru keluaran aspira, kayaknya sih lumayan, bentuknya juga lumayan besar walau 90/90. Lalu terjadilah percakapan sebagai berikut dengan tellernya :

Saya    : Ban Maxio Techno berapaan mba harganya?
Teller  : Maxio Techno? apa tuh, kita ga jual (gubrak!! gimana sih orang dipajang masa yang jual aja ga tau)
Saya    : Ada tuh dipajang, masa ga tau mba
Teller  : Oh gt, baru x ya,,kan ada harganya mas dipajang, bisa liat disitu (ck,,ck klo dipajang ngapain saya tanya, lagian tinggal cek di komputer kan gampang)
Saya    : Belum ada harganya mba, makanya saya tanya
Teller    : Masa sih (ga percaya dia langsung ke tempat ban dipajang),,oh iya belum ada, tunggu mas saya cek di komputer (daritadi saya bilang juga gda ga percaya). Hm…harganya 220rb aja mas
Saya    : (lumayan mahal juga ya harganya untuk ukuran 90/90). Ok deh mba saya beli itu
Teller    : Motornya apa mas?
Saya    : Pulsar (UG4),,tuh yang di depan. Ganti sini ya
Teller    : Saya cek dulu ya (bareng mekanik ngecek, trus mereka berdua ngobrol2 sejenak)…Mas ga salah depan 90/90, belakangnya 130/70. Masa ntar tinggian ban depan?
Saya    : Tinggian ban depan? ga lah mba, ngitungnya gimana sih. Masih tinggi belakang dong
Teller    : Ngga mas, angka kedua itu kan ukuran tingginya, ban belakang mas tinggi 70, depan ntar 90. iya kan?
Saya    : Setau saya ga gitu ngitungnya, ban belakang tingginya 70% dari lebar, berarti 130×70%=91mm,,nanti ban depan tingginya 90×90%=81mm. Tetep tinggian ban belakang 10mm
Teller    : Ga mas, coba deh mas tanya mekanik kita yang udah paham
Saya    : Gimana mas, tetep lebih tinggi ban belakang kan?
Mekanik    : Ga sih mas, ukurannya emang gitu, bisa ketauan tingginya dari angka kedua. Ban belakang mas tingginya 70, ntar depan 90. Kalau mau depan 100/80 biar ga jomplang, atau pasnya 110/70, jadi depan belakang sama tingginya.Lagian aslinya pulsar kan 100/80 mas yang depan
Saya    : Aslinya pulsar yg saya ya 90/90 untuk ban depan 120/80 ban belakang, waktu beli segitu ukurannya. (sok tau nih mekaniknya, kayak punya pulsar aja)…(penasaran, saya tanya lagi 1 orang bengkel yang keliatannya kepala bengkel di situ). Gimana mas, emang ban 90/90 lebih tinggi dari 130/70??
Kepala Bengkel : iya mas, emang gitu itungannya. udah standar itungan kita gitu
Saya    : Masa sih (apa saya salah itung selama ini??, penasaran browsing2 di hp cara baca angka2 di ban)..nah ini dia dapet beberapa link.Tuh mas (sambil tunjukin hp), di situs otomotif tinggi itu angka pertama dikali persentase angka kedua. Jadi klo ban 130/70 ya tingginya 130mm x 70%=91mm. (saya buka lagi situs2 spek motor), ni mas beberapa spek ban motor, new vixion, ban depan 90/80 belakang 120/70, new mega pro depan 80/100 belakang 100/80. Kalau ikutin cara mas itung 2 motor itu ban depannya lebih tinggi semua dong? tapi ngga kan. nvl depan tinggi yg bener 72mm belakang 84mm, megapro depan belakang sama tingginya 80mm
Kepala Bengkel : (sambil mengerenyitkan dahi),,mungkin beda cara hitungnya, wajar ko di dunia otomotif banyak perbedaan.
Saya    : Tapi klo ban kan standar mas cara bacanya, masa beda2 untuk tulisan yang sama, masa klo tertera 110/70 ada yang bilang tingginya 70mm dan 77mm?? ga kan, pasti harus sama dan pasti cuma 1 ukuran.
Kepala bengkel : Di kita emang gitu standar perhitungannya mas, di planet ban mana aja pasti gitu perhitungannya
Saya    : (hayah,,lama2 males jg diskusi ga jelas) yowislah,,intinya saya pasang aja 90/90 maxio techno di ban depan motor saya
Teller    : Tapi klo ntar ga pas & ga cocok ga bisa balikin ya mas
Saya    : iya tenang aja, pasti pas n cocok
Teller    : iya mas (sambil senyum sinis, tanda ga percaya)

(akhirnya dipasang lah ban sama mekanik, plek, plek,,tara,,)

Saya    : tuh kan pas aja, ga tinggian ban depan. ok mba, mas, makasih ya. (yang lain pada heran, saya langsung cau aja ngetes ni ban)

Ok bro itu pengalaman beli ban di toko spesialist ban. Menurut bro mana yang bener cara baca angka lebar & tinggi bannya🙂
atau bro juga punya rumus perhitungan sendiri?

This entry was posted in Motorcycle. Bookmark the permalink.

7 Responses to Ban 90/90 tingginya 90mm ??

  1. danisubject says:

    haha ga kasir ga mekanik sama aja salah pengertian tentang ukuran ban . untung cerdas kalo enggak motor nya dah jadi kalajengking depan ceper belakang tinggi .

  2. ivan says:

    loh udah ganti ban lagi
    gak awet berarti ya ban michelin nya?
    awalnya minat pake ban michelin yg sama persis punya om, tapi setelah tau gak awet jd ragu

    • alvin says:

      bukan ga awet, tp medan yg ane lewatin+bobot motor+boncenger bikin ban cpt brubah bntuk. klo kembangannya sih masih tebel. ban depan pulsar ane emang ga awet, wkt pake IRC Road Winner jg sama. skrg udah nemu jalan yg ga banyak polisi tidur & berlubang harusnya awet.

      michellin recommended bgt klo punya budget lebih🙂

      • ivan says:

        ukuran 90/80 ngaruh juga kali ya om kan lebih ceper jadinya kalo dibanding ban bawaannya (90/90) bikin kerja ban lebih keras dan akhirnya cepet rusak… asumsi aja sih

  3. calmkid says:

    ngaruh juga tapi mungkin ga signifikan.orang sebelumnya pake IRC Road Winner RX01 100/80 yang lebih tinggi, compound nya berubah juga. sekarang rute kerja udah dapet yang jalannya lebih mulus, harusnya ke depan lebih awet nih ban

  4. calmk1d says:

    sekarang gw baru paham juga kenapa ban gw cepet berubah bentuk,,setelah cari2 referensi harus perhatikan tekanan ban,,kebetulan ane selama ini males ngisi angin, jadi ngisi klo udah berasa kempes (drop sampe 19-20psi). Disarankan menjaga tekanan ban di kisaran ideal sekitar 26-29psi untuk ban depan, 29-33psi untuk ban belakang,,kalau tekanan ban drop, trus sering ketemu medan jelek & beban motor tinggi kemungkinan bentuk ban berubah lebih cepat karena kurang tekanan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s