Review Ban Michelin Pilot Street

 

Michelin Pilot Street

Melanjuti artikel sebelumnya mengenai Ukuran Ban Ideal Untuk Pulsar, penulis sempat bingung mencari calon pengganti ban depan IRC Road Winner RX-01 100/80 yang sepertinya grip nya masih kurang mantap sehingga sebelumnya saya sempat slip dan tergelincir dan harus istirahat di rumah selama 9 hari.

Ada beberapa kandidat ban yang menjadi pilihan, diantaranya :

  1. Battlax BT45 : Ban ini dari banyak keterangan memiliki performa & keawetan yang bagus dan sudah banyak dibuktikan kehandalannya oleh baik rider dalam dan luar negeri. Harganya lumayan mahal dibandingkan ban lokal, untuk ukuran terkecil velg diameter 17” yaitu 100/80 dihargai Rp. 440.000. Namun rekomendasi dari Bridgestone ukuran 100/80 adalah untuk velg 2.5”, walaupun velg 1.85” masih dalam batas toleransi terbawah tapi penulis memutuskan tidak jadi memilih ban ini demi keamanan karena kemungkinan bentuk ban akan mendonat seperti IRC RX01 100/80.
  2. FDR XR Evo : Ban ini sudah saya pakai di ban belakang ukuran 130/70 (walaupun dari web FDR seharusnya rekomendasinya untuk velg ukuran 3.5”sedangkan velg belakang Pulsar 180 2.5”), grip ban ini di kondisi kering maupun basah cukup baik dibanding sewaktu ban standar MRF, terutama di kondisi basah. Walaupun bentuknya agak mendonat karena ukuran velg masih standar tapi overall masih nyaman dipakai sehingga saat ini diganti (walau sempet rencana ganti).
  3. Michelin Pilot Street : Berdasarkan info yang saya dapat Michelin ini dulunya yang mensupply ban MotoGP dan dari banyak review luar negeri Michelin ini kualitasnya 11-12 dengan Bridgestone (Battlax series), bahkan dari beberapa forum di luar negeri saya mendapati katanya tidak kalah dengan BT45/BT 92 sekalipun (walaupun ini mungkin subjektif). Seri Pilot Street ini produk baru, saya juga dapat infonya dari blog mas IWB. Karena penasaran dari banyak info ban ini sangat baik performanya dalam kondisi jalan basah atau kering, juga harganya yang di bawah Bridgestone (BT45) akhirnya saya putuskan untuk pilih ban ini. Untuk ukuran 90/80 (ukuran standar Pulsar) seharga Rp. 299.000 di Planet Ban, jika dibanding BT45 Rp 405.000 lumayan hemat 100 ribu lebih.

Lalu bagaimana performa Michelin Pilot Street ini ? lagi-lagi tidak ada alat ukur yang pasti untuk pengujian ini, tidak ada juga track khusus untuk pengujian, jadi pakai jalanan umum saja & hasilnya berdasarkan feeling rider. Berikut hasil pengamatan & feeling rider terhadap ban Michelin ini  :

Michelin Pilot Street

  1. Compund Ban : dari keterangan yang tertera ban yang berbahan utama silica ini berjenis medium compound, bila dibandingkan BT 45 compoundnya lebih empuk namun terasa kokoh dan permukaanya terasa keset, mirip FDR XR tapi sedikit lebih padat
  2. Flexibilitas : Ban ini uniknya universal bisa digunakan depan & belakang, alur depan dan belakang dibuat berbeda jika ingin dipasang di depan dan belakang (sesuai petunjuk arah di ban, front dan rear)
  3. Grip : Kemampuan ban mencengkram kuat aspal di segala kondisi sangat diperlukan terutama demi keamanan & kenyamanan berkendara. Jika dibandingkan ban depan sebelumnya IRC RW RX 01 (mungkin karena agak mendonat juga sebelumnya) dan ban MRF, saya merasakan grip Michelin Pilot Street sangat memuaskan. Baik di kondisi aspal kering, semi basah, basah, jalan kurang rata performa ban ini saya rasa sangat baik, kendaraan berjalan stabil di kondisi jalanan kurang rata tidak seperti IRC RX01 yang kadang suka oleng. Saat melakukan rebah juga (tidak ekstrim, ga berani) motor berjalan stabil.

Sekian pengalaman singkat produk baru Michelin ini di ban depan Pulsar, penulis memang tidak banyak referensi karena tidak banyak ban yang dicoba sehingga tidak banyak bisa compare dengan ban-ban yang ada misal BT45, FDR XR. Pengalaman tiap orang mungkin berbeda-beda karena banyak faktor tapi setidaknya inilah gambaran umum yang bisa saya share. Untuk masalah keawetan klaim dari Michelin 30% lebih awet dari produk sebelumnya Pilot Road 2 karena infonya Pilot Street ini pengembangan dari Pilot Road 2 yang dikenal juga memiliki performa baik. Kalau saya tidak lupa, saya akan review lagi hasilnya setelah 10rb KM😀. Ini bukan promosi atau juga menjelek-jelekkan merk lain, karena saya juga tidak dibayar oleh siapa pun dan pengalaman tiap rider, tiap motor mungkin berbeda.

 

This entry was posted in Motorcycle and tagged , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Review Ban Michelin Pilot Street

  1. kasamago says:

    mantab, yg pnting g licin..

  2. Erit07 says:

    Yang penting nyaman dan bukan cacing…

    • calmk1d says:

      yap intinya aman dan nyaman. tapi jangan salah bung, ga cuma ban cacing, ban kegedean juga sama ga aman kalo ga diimbangi velg besar karena ban akan membentuk donat/bulat sehingga tapak ban ke aspal juga tidak maksimal

  3. waduh says:

    Yg penting bukan swallow, wkwkwkwk

  4. calmk1d says:

    he2 swallow mang knp bro? blm pnh pake

    • onepercent says:

      grip lumayan di banding mrf di jalan semi basah, kalo mrf mendi basah sekalian, kalo panas ya panas sekalian! Cuma bedanya swallow cepet habis, apalagi kalo jalanan panas cuaca lembab, bekas alur ban di jalanan aspal aja kelihatan mas! Itu saya pake di rx king! Cuma tahan 6 bulan!

      • calmk1d says:

        wow cepet bgt ya abisnya,,mungkin karena bahan utamanya karet murni (klo salah pernah liat slogan swallow, “Natural Rubber”)

  5. Dr. Die says:

    Ban bagus ni om, ai juga pake, beli sepasang dapet helm Michelin😀 , keren lg double visor, harga juga terjangkau. Sama2 nulis review nanti 5 bulan kdepan.

  6. d12 says:

    Ane juga baru pake 1/2 bulan Michelin Pilot Street. Depan 90/80, belakang 100/80. Sampai saat ini stabil, di segala kondisi. Usahakan pake nitrogen juga supaya lebih ok.

    • calmk1d says:

      yup..salah satu ban terenak yang pernah ane coba (belum coba BT45 sih), baru MRF, mizzle, corsa, fdr yang pernah coba. michelin walau ulir depan terbalik tapi ga bermasalah untuk membelah air, malahan pernah baca alur terbalik lebih optimal untuk membelah air & pengereman

  7. motobikerz says:

    Mas Bro.. Saya mohon ijin mengutip artikelnya.

    Salam bikerz,
    MotoBikerz.com

  8. FSD says:

    Pilot Street dengan Pilot Street Radial, beda ya?
    Sayangnya yang PSR belum ada untuk Ring 17″

  9. calmk1d says:

    Setau ane beda, pilot street ban bias pilot street radial ya tipe radial yang biasa untuk moge atau cc gede, mungkin di atas 250 cc (klo 250cc kayak CBR 250 atau Ninja 250 biasanya masih ban bias juga), bahkan BT45 aja masih ban bias. ukuran terkecil radial adanya 110/70. Pilot street atau pilot street radial sama2 ada ukuran 17″ ko.

  10. Ronald says:

    Numpang tanya om….
    Saya baru tebus ban michelin pilot street untuk FU ane…
    Depan : 90/80 17 F/R(depan/blkg)
    Belakang : 100/80 17 F(depan)
    Kan ban belakang yg ane pake 100/80 khusus utk ban depan… Tapi tetap ane pake untuk ban belakang, dengan syarat pemasangan tidak sesuai alur lg…
    Nah yg jd pertnyaan…. Apa ada permasalahan bila ban yg dikhususkan utk ban depan, tapi dipasang di belakang?? Walaupun alurnya dipasang terbalik??

    Mohon pencerahannya… Thankss

    • calmk1d says:

      setahu ane pilot street general bisa depan belakang,,yg dipasang terbalik biasanya yg ban depan alurnya jd seperti ban moge atau pulsar series. efeknya ban depan lebih safety utk panik break n membelah air, walau arah alurnya ga seperti ban yg umum di pasaran

  11. Pelayan says:

    Barusan ganti ban depan P220 dengan Michelin pilot Street 100/80-17. Handling nikung agak beda dgn ban MRF standar bawaan Pulsar. Michelin ini cenderung lebih narik ke dalam tikungan. Agak kagok pas pertama kali cornering paska ganti ban. Biasanya pake MRF 90/90 yg cenderung nahan motor untuk miring, NAh pake Michelin badan miring dikit, eh stang ngikut miring kayak ngajak jatuh. 1 km jalan awal jadi ngular tuh motor jalan nya. Semoga ke depan bisa beradaptasi dengan ban Pilot Street ini.

    • Hamdi says:

      Bener gan..ane rasa gitu juga…karena bentuknya yg mbulet kali ya..tapi overall manteb banget…ngunjek pasir,jalan becek,jlan aspal yg tekupas..asli nge grip banget…

      Ane sebelumnya paje fdr genzi pro belakangmya…drpan udah duluan pake michelin pilot street….buset ngesot melulu ban belakangnya…nginjek pasir aja ngesot…aer bekas org nyuci aja langsung geol2

      Overall manten michelin..tarekan motor ane juga berasa jadi lebih kenceng

  12. calmk1d says:

    Sebetulnya untuk velg depan ori pulsar ukuran 1.85 inch kurang direkomendasikan pakai ukuran ban 100/80, idealnya ukuran 80/100 atau oversize dikit 90/90. Kalau pakai 100/80 agak mendonat makanya lebih gampang rebah karena area ban yang menapak aspal lebih sedikit saat tegak.

    Ukuran ban 100/80 direkomendasikan untuk velg ukuran 2.5″ macam Byson. Pakai ban ukuran lebih besar dengan velg standar ga akan bikin ban tampak lebih besar, tapi justru mendonat dan kurang safety. Ban lebih besar akan tampak lebih besar juga kalau diimbangi penggantian ukuran velg yang sesuai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s