Ukuran Ban Ideal Pulsar 180

Ban Pulsar

Artikel ini mungkin garing, karena pernah dibahas di media-media lain tapi mungkin ban motor secara umum. Tidak ada salahnya diulas kembali terutama untuk Pulsar 180 atau velg motor yang sama dengan Pulsar. Banyak rider termasuk saya juga awalnya tidak terlalu konsen terhadap ukuran ban motor, namun belum lama ini setelah mengalami kejadian slip ban depan gara-gara rem mendadak menghindari pengguna jalan yang tiba-tiba nyebrang dan akhirnya motor beserta ridernya terseret, penulis berfikir apakah ada yang kurang safety dari sisi motor karena ban depan sampai slip.

Analisa sekilas ada beberapa faktor yang menyebabkan ban depan terkunci dan akhirnya slip :

1. Jalanan licin : kecelakaan terjadi di kramat jati yang mungkin jalanan licin bekas air di pasar

2. Rider : mengerem mendadak (langsung  tarik full rem) yang menyebabkan ban terkunci. Seharusnya rem depan ditarik berkali-kali dengan kuat seperti mekanisme ABS (Antilock Brake System), caranya bisa dipelajari di http://www.saft7.com/belajar-ngerem-yuk/. Selama ini cara tersebut efektif menghentikan laju kendaraan dengan cepat dalam kondisi kecepatan tinggi sekalipun dan tanpa slip tapi karena rider saat itu sedang lengah & terlalu panik lupa deh jurus remnya ga dipake.

3. Ban : ada kemungkinan ukuran, jenis, dan profil ban tidak sesuai

Maaf jadi  cerita sedikit, tapi semenjak itulah saya jadi banyak belajar terutama safety. Point no.1 faktor jalan mau diapakan lagi, point no. 2 faktor rider ya lain kali harus lebih sigap, cukup istrirahat & jaga fitalitas agar selalu fokus di jalan. Nah di point no.3 mengenai ban ini yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan, apakah sebenarnya ban yang terpasang sudah sesuai ? karena rencana saya awalnya setelah kecelakaan tersebut akan mengganti ban mahal yang disinyalir lebih safety. Namun cari-cari referensi ban di web Bridgetstone, Michelin, dan FDR ternyata setiap ban ada ukuran minimal, rekomendasi, dan maksimal pasangan velgnya,,jadi ga bisa patokannya ban asal terpasang di velg. Setidaknya anjuran pabrik sudah memperhitungkan faktor safety & kenyamanan.

Oya yang terpasang di si PIBO saat ini depan IRC Road Winner RX-01 100/80 M/C dan belakang FDR Sport XR Evo 130/70 M/C. Nah menurut bro sekalian kira-kira udah pas belum dari sisi ukuran terpasang di si PIBO?? Nah pas ngganya harus tahu dulu ukuran velg-nya, ini dia :

SAMSUNG

velg depan 1.85″ x 17

SAMSUNG

belakang 2.5″ x 17

Jadi ukurang velg si PIBO depan 1.85″ dan belakang 2.5″ (sama kayak CBSF donk ya,,CMIIW, tapi CBSF ko pake cunkring?), apakah sesuai dengan rekomendasi pabrikan ? let’s see rekomendasi dari masing-masing pabrikan berikut :

IRC – RX-01F :
TIRE SIZE PLY RATING LOAD INDEX SPEED RATING APPROVED RIM MAX. LOAD (KG) MAX. PRESSURE (KPA) SECTION WIDTH (mm) OUTER DIAMETER (mm) TREAD DEPTH (mm)
80/90-17 NA 44 P MT1.85 160 225 81.6 574.5 4.6
100/80-17 NA 52 P MT2.50 200 225 100.3 592.7 6
110/70-17 NA 54 S MT3.00 212 250 108.8 589.7 4.4

http://www.gt-tires.com/indonesia/productdetail.asp?language=1&page=2&type=3&subtype=10&mastertireid=IndonesiaPattern000152&tiresize=

waduh ternyata untuk ban depan IRC RX-01 100/80 rekomendasinya untuk velg ukuran g 2.5″, selisih jauh sama punya PIBO yang 1.85″. Lalu bagaimana ban belakangnya ??

Size Type Load Index Max Load (kg) Speed Symbol Max Speed (km/jam) Rim Width Overall Width (mm) Overall Diameter (mm)
80/80-17 TL 41 145 S 180 1,60 ; 1,85 ; 2,15 80 564
90/80-17 TL 46 170 S 180 1,85 ; 2,15 ; 2,50 92 582
100/80-17 TL 52 200 S 180 2,15 ; 2,50 ; 2,75 105 595
110/70-17 TL 54 212 S 180 2,75 ; 3,00 ; 3,50 111 591
130/70-17 TL 62 265 S 180 2,75 ; 3,50 ; 3,75 129 618

http://fdrtire.com/product/view/2

waduh lagi..ternyata ban FDR 130/70 rekomendasinya untuk velg 3.5″ bro, jauh sama si PIBO yang 2.5″. Bahkan minimalnya aja 2.75″. Salah beli ban nih. Pantesan ko kayaknya semenjak ganti ban jalannya langsung ga stabil ketemu jalan jelek dikit (padahal harapannya pake ban gede biar stabil). Setelah cari banyak referensi bila ban besar tidak diikuti penggantian velg maka ban akan agak membulat/donat yang justru menyebabkan grip ke aspal sedikit tapi mungkin untuk rebah extrim lebih nyaman karena saat nikung area yang menapak aspal cukup. Wah..wah pantesan klo diajak nikung malah enak tapi klo jalan lurus & jelek sedikit malah ga nyaman. Ini juga yang mungkin membuat ban depan mudah slip dan jatuh karena area ban yang menapak aspal sedikit (tertipu sama ukuran ban yang terlihat besar).

Memang rekomendasi tiap pabrikan tidak selalu sama, tapi saya cek beberapa situs produsen ban seperti Bridgestone dan Michelin tidaklah berbeda jauh. Lalu bagaimana dengan ban bawaan Pulsar 180 dimana depan 90 /90 dan belakang 120/80, jika mengacu pada standar FDR ban depan masih masuk range di minimal, rekomendasinya ukuran ban 80. Lalu ban belakang jika standar FDR 110/70 saja range minimal velg-nya saja 2.75″ maka ban standar Pulsar 120/80 di luar range dong ya?? hm..coba cek klo standar ban Battlax cocok ga ya

BT-45 Rear

TIRE SIZE REC. RIM (inch) MEAS. RIM (inch) OD (mm) TW (mm)
130/90-16M/C 67H TL 3.00 2.50 – 3.50 636 132
110/90-17M/C 60H TL 2.50 2.15 – 3.00 630 110
120/80-17M/C 61H TL 2.75 2.15 – 3.00 624 121
130/70-17M/C 62H TL 3.50 3.00 – 4.00 617 136

http://www.bridgestone.com/products/motorcycle_tires/products/battlax/bt45.html

jika mengacu standar ban Battlax untuk ban 120/80 rekomendasinya adalah velg 2.75″ dan masih masuk range velg 2.5″. Kesimpulan saya sebelum memilih ban sesuaikanlah mengikuti rekomendasi ban pabrikan, karena tiap ban karakternya berbeda walau ukuran sama sehingga standarnya pun berbeda. Minimal jangan sampai di luar range standar minimal & maksimal. Hm..terjawab sudah kenapa ban depan IRC RX-01 mudah slip dan terjawab juga kenapa ban standar CBSF cuma 80 dan 100 untuk depan belakang, ternyata sesuai rekomendasi ban pabrikan.

Ok,,next my Pulsar ganti ban depan FDR XT 90/80 dan belakang Battlax 110/90,,bagaimana menurut bro sekalian ?? ditunggu saran dan sharenya🙂

This entry was posted in Motorcycle. Bookmark the permalink.

8 Responses to Ukuran Ban Ideal Pulsar 180

  1. dani says:

    Saran Saya Pake Depan Sudah Benar XT.. Pilih Yang Gold Belakang XR 120/??? sama yang bungkusnya gold juga…hasilnya mantaff…cuma belakang akan berumur lebih pendek…sambil ngeliat XR ane yang dah mulai Botlax..(1 tahun)

    • calmk1d says:

      Sport XR ban belakang kayaknya ga ada ukuran 120 om, pernah nyari ga dapet2, cek di websitenya ternyata memang ga ada. Tapi klo liat FDR 110/70 aja ukuran minimum velg nya harus 2.75″ berarti di luar standar dimana velg belakang PIBO 2.5″ klo pun ada yang ukuran 120.

      Wah klo saya ban belakang FDR Sport XR dah 1 tahun ini ko masih tebel ya, padahal tiap hari PP depok-jakarta 70Km

  2. penyemplak Pulsar 200 tahun 2008 says:

    Dapet kutipan dari sini om “itu ukuran yang tertera di velknya ya..?? Klo iya itu maksudnya lebar velk bagian dalam Bro,, jadi 1,85 = 2,75″ lebar luarnya sedang 2,50″ = 3,25″ lebar luarnya..
    cara ngukur lebar luar seperti pada gambar,, makasih atas sharingnya..
    *jadi tahu ukuran sesungguhnya velk P200 nii “.

    Sumber : http://hourex150l.wordpress.com/2011/10/17/jangan-asal-ganti-ban-lebih-lebar/

    Jadi yang tertera di velgnya itu lebar velg ukuran dalam.
    Velg depan 1,85″ = 2,75″ Velg belakang 2,50″ = 3,25 “.
    Kan nggak masuk logika velg belakanng pabrikan ukuran 2.50” dijejali ban belakang bawaan pabrikan dengan ukuran 120/80-17.

  3. calmk1d says:

    tapi aneh juga om klo yang jadi patokan ukuran velg ban luar, kan repot harus ukur-ukur velg dulu klo mo beli ban,,trus kalo patokannya ukuran velg luar kenapa pabrikan cantumin ukurannya bagian dalam velg ?

    Coba compare penuturan blog pertamax7 berikut & goodyear mengenai cara ukur velg :
    http://pertamax7.com/2012/12/28/meme-geger-ukuran-velg-cb150r-ya-tetep-25-inch-gan/
    http://www.goodyear.com.jm/tyres/farm/tire_learn.html

    klo menurut referensi di atas cara ukur velg based on ukuran velg dalam..CMIIW

  4. penyemplak Pulsar 200 tahun 2008 says:

    Tapi barusan ane compare lebar velg belakang si CB150R dengan pulsar 200 ane bedanya 1 inchi = 2,54 cm mas.
    sekilas tampak mata masih gede punya pulsar.

    • calmk1d says:

      blm pnh compare sm cb150r,tp saya pribadi smntara msh brpatokan ukuran velg ya sesuai dr yg tertera di velgnya alias bagian dlm bkn luar velg cos memang bagian dlm velg lbh mngecil sesuai ukuran ban yg masuk ke dalam velg jg mngecil dan bagian permukaan ban yg keluar velg memang lbh lebar.

  5. Supra_Fit says:

    Yesss, brarti CB150R msih aman bgt pke ban standar NVL.
    Dpan 90/80 blakang 120/70.
    Asekkkk😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s