Pantangan Setelah Makan

Kebanyakan dari kita mungkin tidak mengetahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari setelah makan, berdasarkan hasil penelitian & saya rangkum dari beberapa situs yang ada sebagai berikut :

1. Merokok
Berdasarkan hasil penelitian, merokok 1 batang setelah makan sama saja merokok 10 batang. Kita sadar merokok tidak baik bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan setelah makan resiko terkena penyaki kanker paru-paru atau jantung menjadi lebih besar.
2. Makan Buah
Kebiasaan kita (yang juga kebiasaan orang-orang barat) memakan buah sebagai pencuci mulut atau makanan penutup, padahal makan buah setelah makan akan membuat perut kembung. Selain itu buah yang kita makan pun akan dicerna lama, karena sistem pencernaan harus mencerna karbohidrat dan protein terlebih dahulu (karbohidrat 2 jam, protein 3-4 jam, jadi total 5-6 jam).Sedangkan buah sendiri secara umum dicerna lebih cepat, 15-20 menit kecuali pisang 45 menit. Memakan buah sebelum makan juga berguna untuk merangsang sistem pencernaan agar mencerna makanan lebih baik.
3. Minum Teh
Minum teh sudah menjadi tradisi di masyarakat kita dan tidak sedikit banyak yang melakukannya setelah makan. Tapi tahukah Anda? ternyata minum teh setelah makan menyebabkan protein menjadi sulit dicerna selain itu akan menyebabkan hambatan penyerapan nutrisi hingga 80%, oleh karena itu teh banyak digunakan bagi yang ingin melangsingkan badan.
4. Mandi
Mandi setelah makan akan melemahkan sistem pencernaan dalam perut, karena darah akan mengalir meningkat ke daerah tangan, kaki, dan badan. Selain itu pelepasan panas tubuh saat terjadi metabolisme akan terhambat dan ini tentunya kurang baik bagi kesehatan.
5. Berjalan
Banyak berjalan setelah makan akan menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi terganggu dan perut menjadi sakit.

Perlu diketahui bahwa larangan mandi setelah makan dan anjuran makan buah sebelum makan telah disampaikan oleh Rasulullah Saw dalam hadistnya, padahal zaman dahulu ilmu pengetahuan masih terbatas. Setelah terbukti secara ilmiah seharusnya semakin menyakinkan kita bahwa semua yang dibawa oleh Rasul kita tentunya adalah kebaikan.

This entry was posted in Healthy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s