Ikan Teri Cegah Osteoporosis

Menurut Hendradi, untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukan kalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhan kalsium tersebut bisa diperoleh dari ikan teri yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Ikan teri yang selama ini lebih banyak di konsumsi oleh kalangan menengah ke bawah, ternyata merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang. “Kita tidak perlu gengsi, kalau itu merupakan sumber terbaik, mengapa tidak kita konsumsi,” ujar Hendradi lebih lanjut.

Ia juga mengatakan, ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Namun, karena di masyarakat kita punya anggapan mengonsumsi ikan teri adalah indikator mereka yang secara ekonomi tidak mampu, akhirnya banyak yang mengabaikannya. Padahal, ikan teri sangat baik sebagai sumber kalsium yang murah dan mudah didapat, ujarnya.

Sementara dr Endang Darmoutomo MD MS, ahli gizi juga dari RS Siloam kepada Pembaruan mengatakan, yang terbaik dari ikan teri sebagai sumber kalsium adalah tulangnya. Jadi bukan hanya dagingnya. Sebenarnya semua ikan bisa menjadi sumber kalsium, namun karena tulang pada ikan, selain teri, besar dan keras, maka tidak mungkin di konsumsi. Sedangkan pada ikan teri tulangnya empuk dan enak dimakan.

Pengobatan osteoporosis dapat dilakukan dengan pemberian hormon, kalsitonin, vitamin D, kalsiriol dan kalsium. Untuk mencegah pengeroposan pada tulang ini dianjurkan mengasup kalsium dan vitamin D yang adekuat, berhenti merokok, membatasi asupan alkohol dan mencegah agar tidak jatuh serta melindungi panggul.

This entry was posted in Healthy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s