Virtual Memory Tingkatkan Performa ??

Sebagian orang berpendapat bahwa virtual memory dapat meningkatkan kinerja PC, benarkah demikian? Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetahui apa virtual memory itu sendiri.

Virtual memory secara fungsional sama seperti memory (RAM), yakni menyimpan data-data sementara yang akan diproses/akses oleh processor, namanya juga virtual jadi bukan berupa fisik (seperti RAM) melainkan hanya berupa file (page file) yang terbentuk dalam harddisk. Virtual memory digunakan apabila memory fisik (RAM) tidak dapat menampung aplikasi yang sedang berjalan alias kekurangan memory (RAM), karena virtual memory ini terbentuk dalam harddisk tentunya kecepatan aksesnya pun berbeda jauh dengan memory fisik (RAM).

Sebagai perbandingan kecepatan akses harddisk sekitar 100-133MB/s dan 150MB/s (untuk SATA), sangat jauh jika dibandingkan dengan kecepatan akses RAM yang mencapai 3200MB/s-6400MB/s atau bahkan lebih. Nah jadi jangan berharap pada virtual memory (page file), virtual memory hanya berguna agar aplikasi yang sedang aktif tetap berjalan walaupun PC kekurang RAM, namun kinerjanya akan menurun drastis. Solusinya maksimalkan penggunaan RAM, dengan kata lain menambah kapasitas RAM (tentunya disesuaikan juga dengan kebutuhan aplikasi yang kita gunakan, jangan sampai mubazir…).

This entry was posted in IT. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s