Membentuk Otot Dada

Push up adalah latihan paling populer serta mudah. Olah raga ini bisa dilakoni tanpa alat bantu dan menggunakan beban sendiri. Tiga otot yang paling merasakan dampak dari latinan ini adalah dada, bahu dan lengan. Push up juga sangat bermanfaat untuk kekuatan upper body atau tubuh bagian atas.

Menurut binaragawan Ade Rai ada dua jenis posisi dalam push up. Yakni, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki naik ke bangku. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah. lalu, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki di bawah. Tujuannya untuk otot dada bagian atas.

Selain berolah raga, makanan juga penting untuk membuat tubuh bugar dan sehat. Menurut Ade, tambahan suplemen buat membentuk badan ternyata bukanlah suatu keharusan. Pasalnya, kata Ade, suplemen hanya tambahan makanan. Utamanya, imbuh Ade, adalah makanan sehari-hari harus tepat waktu dan memiliki nutrisi yang lengkap.

Lebih jauh lagi, Ade Rai juga menggelontorkan tips membentuk otot punggung. “Ada dua macam gerakan yaitu menarik dan mendayung,” ujar Ade. Untuk gerakan mendayung, Anda dapat menggunakan dumbel atau barbel. Sedangkan buat gerakan menarik, Anda bisa melakukan pull up ataupun chin up.

Sebagai panduan awal dalam membentuk otot dada bisa dilakukan dengan cara lakukan 2-3 set, masing-masing set 10-15 kali repetisi. Lakukan secara berulang-ulang hingga Anda merasa 10-15 kali repetisi terasa ringan, setelah itu barulah tingkatkan secara bertahap.

This entry was posted in Healthy. Bookmark the permalink.

20 Responses to Membentuk Otot Dada

  1. Push up dgn bangku dikaki atw tanpa bangku dikaki bwt ngebentuk otot dada atas n bawah..

  2. aa says:

    musti dicoba nih. tapi kalau badan yang kurusan gimana?

  3. akbar Top-x says:

    saya sudah mencoba dan hasilnya,lumayan ok?!

  4. ck says:

    Push up manapun yang dipilih klo dilakukan dgn bnr n rutin hasilnya akan terlihat..saya biasa push up tiap bangun tidur/pagi cukup 2-3 hari sekali 2 set, masing2 set 15-20x itu pun sudah cukup untuk bikin dada kita cukup bidang. Kombinasi beberapa model push up tentu akan lebih baik lagi hasilnya

  5. yoga says:

    h mmmm ….. bagus banget buat yang mau punya tubh atletis … buat yang kurus susu yang ber protein dan suplemen adalh tambah yang bagus dan pola makan tetap dijaga …

  6. yoga says:

    h mmmm ….. bagus banget buat yang mau punya tubh atletis …

  7. roger says:

    klw itu butuh berapa kali push up sehari?????
    selain itu ada gk wat ngebentuk lengan bawah????

  8. kamal says:

    terimakasih atas saran yang bisa membantu saya untuk hidup lebih sehat lagi

  9. Hermansyah says:

    Yah akan qu coba, mudahan berasil . . . terimakasih

  10. ardit says:

    Menurut binaragawan Ade Rai ada dua jenis posisi dalam push up. Yakni, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki naik ke bangku. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah. lalu, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki di bawah. Tujuannya untuk otot dada bagian atas.

    Yang decline bagaimana?
    Yang incline juga bagaimana?
    Apa tidak terbalik kata Ade Rai? Semakin jauh tangan dengan dada 90derajat lebih,semakin membentuk otot dada bagian atas. Lihat fitness yang satu ini : http://warnapelangidunia.blogspot.com/2009/09/latihan-beban-untuk-otot-dada-bagian.html
    Semakin kecil sudut lengan dengan dada, untuk membentuk otot dada bagian bawah : http://warnapelangidunia.blogspot.com/2009/09/latihan-beban-untuk-otot-dada-bagian_05.html

  11. Dalmok says:

    Bagus juga nich, selain membentuk tubuh tapi ikin sehat juga

  12. graphic says:

    maaf sebelumnya, saya mo nanya…. diatas dikatakan klo untuk decline push-up untuk melatih otot dada bagian bawah dan untuk incline push-up melatih otot dada bagian atas, tapi yg bikin saya bingung saya menemukan artikel tentang fitnes yg caranya terbalik dgn cara yg di sebut dlm artikel ini, jadi sebenarnya yg betul yg mana nih…. mohon bantuannya ya…. thks

  13. Edy Lim says:

    Maaf saya mo nanya nech, 1.kalo kt push-up tuch sehari diharuskan berapa kali?? 2.Truz, kalo bagi pria yang dadanya bidang ato gk pny lemak, apa bs terbentuk otot dadanya?? 3.Kalo kt latihannya rutin, kira2 membutuhkan waktu brapa lama hingga bs terbentuknya otot dada?? 4.Apakah ada larangan makanan atau makanan yang dianjurkan gt gk utk mendukungnya?? Thx..^^

  14. harri says:

    Pertanyaan saya, apakah penggunaan posisi push up seperti tangan di bentuk segitiga itu berpengaruh pada pembentukan otot dada dan otot belikat? Dan apakah ada posisi lain yang bisa dilakukan?

  15. abdi3rwin says:

    Sip2… dicoba tuh tiap pagi… tapi masalah makan agak susah kalo anak kost

  16. abdi3rwin says:

    Oya… satu lagi, kalo push up pake tinju (kepalan tangan) itu bagus gak ya?

  17. franky says:

    Walah…

    dada saya lbih bsar dari dada cewek pula…

    maluu euy….

    perutku lunak kayak karet juga

  18. dealer pulsa says:

    say pernah coba tapi ga rutin faktor kerjaan

  19. kevin says:

    makasih ya buat info nya sangat bermanfaaat
    ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s