Membentuk Otot Dada

Push up adalah latihan paling populer serta mudah. Olah raga ini bisa dilakoni tanpa alat bantu dan menggunakan beban sendiri. Tiga otot yang paling merasakan dampak dari latinan ini adalah dada, bahu dan lengan. Push up juga sangat bermanfaat untuk kekuatan upper body atau tubuh bagian atas.

Menurut binaragawan Ade Rai ada dua jenis posisi dalam push up. Yakni, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki naik ke bangku. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah. lalu, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki di bawah. Tujuannya untuk otot dada bagian atas.

Selain berolah raga, makanan juga penting untuk membuat tubuh bugar dan sehat. Menurut Ade, tambahan suplemen buat membentuk badan ternyata bukanlah suatu keharusan. Pasalnya, kata Ade, suplemen hanya tambahan makanan. Utamanya, imbuh Ade, adalah makanan sehari-hari harus tepat waktu dan memiliki nutrisi yang lengkap.

Lebih jauh lagi, Ade Rai juga menggelontorkan tips membentuk otot punggung. “Ada dua macam gerakan yaitu menarik dan mendayung,” ujar Ade. Untuk gerakan mendayung, Anda dapat menggunakan dumbel atau barbel. Sedangkan buat gerakan menarik, Anda bisa melakukan pull up ataupun chin up.

Sebagai panduan awal dalam membentuk otot dada bisa dilakukan dengan cara lakukan 2-3 set, masing-masing set 10-15 kali repetisi. Lakukan secara berulang-ulang hingga Anda merasa 10-15 kali repetisi terasa ringan, setelah itu barulah tingkatkan secara bertahap.

About these ads

20 Comments

  1. June 15, 2008 at 5:23 pm

    Push up dgn bangku dikaki atw tanpa bangku dikaki bwt ngebentuk otot dada atas n bawah..

  2. aa said,

    January 20, 2009 at 3:53 pm

    musti dicoba nih. tapi kalau badan yang kurusan gimana?

  3. akbar Top-x said,

    June 10, 2009 at 3:33 am

    saya sudah mencoba dan hasilnya,lumayan ok?!

  4. ck said,

    July 17, 2009 at 6:04 am

    Push up manapun yang dipilih klo dilakukan dgn bnr n rutin hasilnya akan terlihat..saya biasa push up tiap bangun tidur/pagi cukup 2-3 hari sekali 2 set, masing2 set 15-20x itu pun sudah cukup untuk bikin dada kita cukup bidang. Kombinasi beberapa model push up tentu akan lebih baik lagi hasilnya

  5. yoga said,

    July 17, 2009 at 6:47 am

    h mmmm ….. bagus banget buat yang mau punya tubh atletis … buat yang kurus susu yang ber protein dan suplemen adalh tambah yang bagus dan pola makan tetap dijaga …

  6. yoga said,

    July 17, 2009 at 6:47 am

    h mmmm ….. bagus banget buat yang mau punya tubh atletis …

  7. roger said,

    July 21, 2009 at 4:46 am

    klw itu butuh berapa kali push up sehari?????
    selain itu ada gk wat ngebentuk lengan bawah????

  8. kamal said,

    April 10, 2010 at 3:09 pm

    terimakasih atas saran yang bisa membantu saya untuk hidup lebih sehat lagi

  9. Hermansyah said,

    April 30, 2010 at 2:34 am

    Yah akan qu coba, mudahan berasil . . . terimakasih

  10. ardit said,

    May 31, 2010 at 3:25 am

    Menurut binaragawan Ade Rai ada dua jenis posisi dalam push up. Yakni, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki naik ke bangku. Latihan ini untuk membentuk otot dada bagian bawah. lalu, decline dimana Anda push up dengan posisi kaki di bawah. Tujuannya untuk otot dada bagian atas.

    Yang decline bagaimana?
    Yang incline juga bagaimana?
    Apa tidak terbalik kata Ade Rai? Semakin jauh tangan dengan dada 90derajat lebih,semakin membentuk otot dada bagian atas. Lihat fitness yang satu ini : http://warnapelangidunia.blogspot.com/2009/09/latihan-beban-untuk-otot-dada-bagian.html
    Semakin kecil sudut lengan dengan dada, untuk membentuk otot dada bagian bawah : http://warnapelangidunia.blogspot.com/2009/09/latihan-beban-untuk-otot-dada-bagian_05.html

  11. Dalmok said,

    June 9, 2010 at 11:47 pm

    Bagus juga nich, selain membentuk tubuh tapi ikin sehat juga

  12. graphic said,

    June 12, 2010 at 6:46 am

    maaf sebelumnya, saya mo nanya…. diatas dikatakan klo untuk decline push-up untuk melatih otot dada bagian bawah dan untuk incline push-up melatih otot dada bagian atas, tapi yg bikin saya bingung saya menemukan artikel tentang fitnes yg caranya terbalik dgn cara yg di sebut dlm artikel ini, jadi sebenarnya yg betul yg mana nih…. mohon bantuannya ya…. thks

    • zzz said,

      August 21, 2010 at 4:11 am

      sebenernya bisa diarasain sendiri,yang lebih terasa yang mana

  13. Edy Lim said,

    November 6, 2010 at 2:19 pm

    Maaf saya mo nanya nech, 1.kalo kt push-up tuch sehari diharuskan berapa kali?? 2.Truz, kalo bagi pria yang dadanya bidang ato gk pny lemak, apa bs terbentuk otot dadanya?? 3.Kalo kt latihannya rutin, kira2 membutuhkan waktu brapa lama hingga bs terbentuknya otot dada?? 4.Apakah ada larangan makanan atau makanan yang dianjurkan gt gk utk mendukungnya?? Thx..^^

  14. harri said,

    November 14, 2010 at 8:31 am

    Pertanyaan saya, apakah penggunaan posisi push up seperti tangan di bentuk segitiga itu berpengaruh pada pembentukan otot dada dan otot belikat? Dan apakah ada posisi lain yang bisa dilakukan?

  15. abdi3rwin said,

    December 23, 2010 at 7:51 am

    Sip2… dicoba tuh tiap pagi… tapi masalah makan agak susah kalo anak kost

  16. abdi3rwin said,

    December 23, 2010 at 7:52 am

    Oya… satu lagi, kalo push up pake tinju (kepalan tangan) itu bagus gak ya?

  17. franky said,

    December 28, 2010 at 5:54 pm

    Walah…

    dada saya lbih bsar dari dada cewek pula…

    maluu euy….

    perutku lunak kayak karet juga

  18. dealer pulsa said,

    February 4, 2011 at 1:08 am

    say pernah coba tapi ga rutin faktor kerjaan

  19. kevin said,

    November 27, 2011 at 12:32 pm

    makasih ya buat info nya sangat bermanfaaat
    ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: